Mengenal Indahnya Tari Tradisional Buchaechum Korea Selatan!
Selasa 15-Okt-2019
Tari Buchacheum

KOREA SERU - Tari Buchaechum adalah tari kipas [buchae : kipas lipat] dengan motif bunga peony yang ditarikan oleh sekelompok wanita yang mengenakan kostum tradisional Hanbok dengan warna - warna terang dan  kontras. Tari Buchaechum ini  menggabungkan kesenian visual dan keanggunan. 

Sehingga tidak salah jika tarian ini menjadi Tarian Tradisional yang sangat terkenal dari Korea Selatan dan sering ditampilkan dalam acara-acara parayaan tahunan, festival hingga acara-acara kenegaraaan.


1. Ciri khas Tari Buchacheum

Keunikan dan ciri khas dari gerakan tari Buchaecum ini adalah ketika para penari membentuk formasi melingkar yang rapi dan menggunakan kipas membentuk gerakan bergelombang, membentuk kupu-kupu yang terbang serta rumpuh bunga dihembus angin membuat gerakan tarian ini sangat cantik. Tarian ini semakin elegan dengan kostum tradisional dan hiasan kepala menyerupai mahkota dikepala setiap penari.

Desain pakaian Tari Buchacheum yang menggunakan pakaian tradisional hanbok yang memiliki motif dan warna yang berubah-ubah sesuai dengan arah tren fashion. Kamu bakal melihat berbagai motif kostum hanbok penari Buchaecum dengan desain warna cerah pada perayaaan-perayaan tahunan di Korea Selatan.

2. Sejarah Tarian Buchaechum

Tarian tradisional Buchaechum sendiri awalnya adalah berasal dari ritual kuno ribuan tahun yang lalu yang ditampilkan pada upacara pemujaan kepada dewa -dewa penganut Shamanisme Korea. Shamanisme Korea  sendiri merupakan kepercayaan kuno masyarakat Korea yang juga mengkombinasikan berbagai kepercayaan dan dipengaruhi oleh agama asli Korea seperti Buddha maupun Taoisme.

Pada dasarnya, Shaman sendiri identik dengan perdukunan jaman dulu. Dalam ritual Shamanisme sendiri, Penari akan mengadakan upacara persembangan atau gut,  dimana mudang [yang kerasukan] akan bertindak sebagai perantara antara dewa dan manusia dengan berbagai tujuan seperti, terjadinya kesembuhan dan berbagai keberuntungan.

Seiring dengan perkembangan jaman, Tari Buchaechum mendapat dukungan dari pemerintah dan masyarakat untuk terus dilestarikan dan dikembangkan.

Tari Buchaechum pun berubah fungsi tak hanya ditampilkan untuk keperluan-keperluan upacara ritual keagamaan saja tetapi dipentaskan dalam acara-acara kesenian budaya, festival, pesta rakyat atau dalam acara- acara perayaan tahunan. Tari Buchacheum menjadi tarian tradisional pada acara-acara penyambutan tamu kenegaraan.

Tarian Buchaechum pun semakin berkembang dan bervariasi gerakannya menirukan keindahan alam seperti gerakan ombak di laut, bunga, dan kupu-kupu yang sedang terbang mengibaskan sayap lembutnya.

 

Source : (1)

Kpop
Lee Seo JIn Akan Membintangi 'Three Meals A Day' Di Desa Nelayan!
Sabtu, 30-Mei-2020
KOREA SERU - Aktor Lee Seo Jin, yang bisa dibilang perwakilan "face" dari serial TV 'Three Meals a Day', akan muncul sebagai bintang tamu pada season 5 'Three Meals a Day' yang sedang berlangsung di desa nelayan!
Kdrama
Label Jo Yoon Hee Konfirmasi Bahwa Artisnya Telah Bercerai Dengan Lee Dong Gun
Kamis, 28-Mei-2020
KOREA SERU - Dalam pernyataan resmi menanggapi laporan sebelumnya 'Dispatch' dari Lee Dong Gun dan Jo Yoon Hee pasangan bercerai, label Jo Yoon Hee King Kong oleh Starship membenarkan kabar tersebut benar.
Kfood
Cara Membuat Bibimbap Ala K-drama!
Rabu, 18-Des-2019
KOREA SERU - Katanya, ini nasi campur ala Korea. Makannya juga dicampur semua. Kalau kamu pernah melihat drama Korea Full House, ini makanan yang biasa dimasak oleh Song Hye Kyo.
Ktravel
10 Tempat Wisata Gratis di Korea Selatan!
Selasa, 17-Des-2019
KOREA SERU - Korea Selatan kini menjelma jadi salah satu negara terfavorit wisatawan dunia untuk liburan karena memiliki banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Demam KPop, drama Korea dan budaya Korea juga membuat negara ini menjadi negara yang populer di Asia.
Kculture
Asal Usul Mukbang yang Jadi Tren di Korea Selatan Bahkan di Dunia!
Selasa, 10-Des-2019
KOREA SERU - Tren merekam diri sendiri ketika sedang melahap hamparan makanan enak, berkembang dari Korea Selatan hingga kini populer di seluruh dunia. Di samping menyediakan ulasan menarik seputar makanan-makanan enak yang dilahap, banyak orang ketagihan nonton video mukbang karena tayangan seperti ini ternyata bisa sangat efektif untuk menggugah selera makan. Terutama buat kaum jomblo kesepian yang seringkali harus makan sendiri.
Kbeauty
6 Tren K-Fashion Musim Dingin Yang Bisa Kalian Tiru!
Selasa, 03-Des-2019
KOREA SERU - Mode pakaian Korea selalu selangkah lebih maju dari negara lainnya. Tahukah Anda banyak tren yang kita lihat di toko-toko yang berasal dari Korea? Yap, K-fashion memiliki faktor, dan dunia tahu itu. Ingin tahu apa yang sedang tren sekarang untuk musim dingin? Lihatlah tren-tren ini dan bersiaplah untuk memperbarui pakaian kalian!