Apa Itu Hangeul Day?
Sabtu 12-Okt-2019
King Sejong

KOREA SERU - Ingin tahu semua tentang Hari Hangul?

Hari Hangul adalah hari yang disisihkan untuk merayakan alfabet Korea, yang dikenal sebagai Hangul. Hari ini dikenal sebagai 한글날 (Hangulnal) dalam bahasa Korea, dan juga dikenal sebagai Day Hari Proklamasi Hangul ’.

Hari Hangul yang dirayakan pada 9 Oktober adalah Korea Selatan, dan pada 15 Januari di utara DMZ.

Pada awalnya, mungkin agak aneh bahwa orang mendapat cuti sehari untuk merayakan alfabet (tapi tentu saja alasan untuk cuti adalah alasan yang bagus!). Namun, jika kamu mempelajari sejarah Hangul, kamu akan melihat mengapa itu sangat penting bagi budaya Korea dan Korea!

1. Sejarah Hangul

Sebagian besar huruf di seluruh dunia memiliki asal misterius dan tidak diketahui. Mereka perlahan berevolusi dari gambar menjadi simbol yang mewakili suara. Alfabet Korea (Hangul) berbeda, dan unik di antara huruf-huruf yang banyak digunakan, karena alih-alih berevolusi, huruf itu sengaja dibuat.

Selama abad ke lima belas, orang Korea menggunakan huruf Cina untuk menulis. Karakter-karakter ini dikenal sebagai 'Hanja', dan kadang-kadang masih terlihat di Korea, terutama pada kalender. Karena bahasa Korea secara tata bahasa sangat berbeda dari bahasa Cina, menulis bahasa Korea menggunakan Hanja adalah tugas yang hampir mustahil. Akibatnya, hanya elit di Korea yang menggunakan huruf.

Pada 1443, Raja Sejong memutuskan bahwa akan lebih baik bagi Korea jika bahasa Korea memiliki alfabet sendiri. Dia kemudian berangkat untuk mewujudkan hal ini, dan pada 1444, alfabet baru selesai.

2. Apakah hangul sulit untuk dipelajari ?

Tidak seperti karakter Cina, Hangul sangat mudah dipelajari. Dikatakan bahwa 'Orang bijak dapat mempelajarinya di pagi hari, dan orang bodoh bisa mempelajarinya dalam waktu sepuluh hari'. Bahkan, itu bisa dipelajari dalam waktu kurang dari dua jam jika Anda menggunakan teknik terbaik. lihat disini artikel tentang hangeul lainnya!

3. Seperti Apa Hangul?


Seperti kebanyakan huruf lainnya, Hangul adalah fonetik. Tetapi juga memiliki beberapa adaptasi yang membuatnya cocok untuk orang Korea. Misalnya, alih-alih ditulis dalam garis lurus, huruf-huruf yang membentuk Hangul disusun dalam bentuk persegi yang sesuai dengan karakter Cina yang mereka gantikan. Ini membuatnya mudah untuk mengidentifikasi arti kata-kata yang didasarkan pada karakter Cina.

Adaptasi yang agak luar biasa yang dimiliki bahasa, adalah bahwa konsonan didasarkan pada bentuk yang dibuat oleh mulut ketika mengatakannya. Pandangan ke depan ini hanya mungkin karena fakta bahwa bahasa itu direncanakan, dan itu membuat Hangul mudah dipelajari.

Huruf vokal didasarkan pada kombinasi tiga elemen: titik, mewakili matahari; garis vertikal, mewakili manusia; dan garis horizontal, mewakili bumi. Tidak seperti bahasa Inggris, setiap suara vokal dalam bahasa Korea memiliki hurufnya sendiri, yang membuat perbedaan besar ketika belajar cara mengucapkan kata-kata baru.

Meskipun Hangul adalah bahasa yang dibuat, itu telah berkembang sedikit dari waktu ke waktu, dengan beberapa surat menjadi usang. Suara ㅎ ganda, misalnya, tidak lagi digunakan. Naskah asli juga memiliki tanda untuk menunjukkan nada kata, tetapi tanda ini tidak lagi digunakan. Juga, titik-titik yang digunakan dalam suara vokal hampir secara eksklusif ditarik sebagai garis pendek hari ini.

4. Pengenalan Hangul


Terlepas dari semua manfaat Hangul, hampir tidak ada lagi selama dinasti Choseon. Elite waktu itu ingin mempertahankan status mereka, dan sebagai hasilnya melihat karakter Cina sebagai satu-satunya cara yang benar untuk menulis bahasa Korea. Pada awal abad ke-16, Hangul secara efektif dilarang oleh raja, dan pusat-pusat pendidikan yang mengajarkan Hangul ditutup.

Namun, Hangul bangkit kembali pada abad ke-19, dan secara bertahap tumbuh semakin umum, terutama karena perannya dalam nasionalisme Korea selama era pendudukan Jepang. Bahkan setelah Korea memperoleh kemerdekaannya, karakter Cina masih sering digunakan, dan jika Anda membaca surat kabar dari tahun 1950-an dan 1960-an, Anda akan melihat campuran karakter Cina dan Hangul. Hanya pada tahun 1970-an penggunaan karakter Cina menurun, tetapi akhir-akhir ini, hampir semua bahasa Korea ditulis dalam Hangul.

Tanggal Hari Hangul di Korea sangat bervariasi sejak awal hari itu pada tahun 1926, tetapi tanggal 9 Oktober saat ini telah digunakan sejak 1945. Hari-hari ini, pekerja di Korea akan dengan senang hati memperhatikan bahwa 9 Oktober ditandai dengan warna merah pada tanggal mereka. kalender, artinya hari itu adalah hari libur nasional. Tetapi tidak selalu seperti itu; antara tahun 1991 dan 2012, Hari Hangul kehilangan posisinya sebagai hari libur nasional dan pekerja tidak mendapatkan hari libur. Untungnya, statusnya sebagai hari libur nasional dipulihkan pada tahun 2012 sehingga tahun ini Anda dapat menikmati cuaca bagus yang biasanya dialami Korea pada awal Oktober alih-alih terjebak di belakang meja.


5. Cara memperingati hari hangeul!

Mengapa tidak mengenang Hari Hangul dengan mengunjungi museum Raja Sejong. Museum ini mudah ditemukan; terletak tepat di bawah patung emas besar Raja Sejong di Gwanghwamun Square, di depan Istana Gyeongbok di Seoul. Pintu masuk ke museum berada di belakang patung.

Di dalam museum, ada beberapa pameran yang menjelaskan penciptaan Hangul bersama dengan kemajuan teknologi lainnya dari pemerintahan Raja Sejong. Periode pemerintahan Raja Sejong sering dipandang sebagai periode emas dari sejarah Korea, di mana pencerahan dan pengetahuan, bukan perang dan invasi, adalah peristiwa yang menentukan pada saat itu. Tidak mengherankan bahwa gambar Raja Sejong muncul pada uang kertas sepuluh ribu won!

Cara lain untuk merayakan Hari Hangul di Korea adalah mempelajari Hangul. Seperti yang sudah disebutkan, alfabet Korea hanya membutuhkan dua jam untuk belajar, dan memungkinkan kamu membaca tanda-tanda Korea serta meningkatkan pengucapan dan kemampuan kamu untuk belajar kata-kata baru. Apa cara yang lebih baik untuk merayakan hari itu selain belajar bahasa.
 

Source : (1)

Kpop
Lee Seo JIn Akan Membintangi 'Three Meals A Day' Di Desa Nelayan!
Sabtu, 30-Mei-2020
KOREA SERU - Aktor Lee Seo Jin, yang bisa dibilang perwakilan "face" dari serial TV 'Three Meals a Day', akan muncul sebagai bintang tamu pada season 5 'Three Meals a Day' yang sedang berlangsung di desa nelayan!
Kdrama
Label Jo Yoon Hee Konfirmasi Bahwa Artisnya Telah Bercerai Dengan Lee Dong Gun
Kamis, 28-Mei-2020
KOREA SERU - Dalam pernyataan resmi menanggapi laporan sebelumnya 'Dispatch' dari Lee Dong Gun dan Jo Yoon Hee pasangan bercerai, label Jo Yoon Hee King Kong oleh Starship membenarkan kabar tersebut benar.
Kfood
Cara Membuat Bibimbap Ala K-drama!
Rabu, 18-Des-2019
KOREA SERU - Katanya, ini nasi campur ala Korea. Makannya juga dicampur semua. Kalau kamu pernah melihat drama Korea Full House, ini makanan yang biasa dimasak oleh Song Hye Kyo.
Ktravel
10 Tempat Wisata Gratis di Korea Selatan!
Selasa, 17-Des-2019
KOREA SERU - Korea Selatan kini menjelma jadi salah satu negara terfavorit wisatawan dunia untuk liburan karena memiliki banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Demam KPop, drama Korea dan budaya Korea juga membuat negara ini menjadi negara yang populer di Asia.
Kculture
Asal Usul Mukbang yang Jadi Tren di Korea Selatan Bahkan di Dunia!
Selasa, 10-Des-2019
KOREA SERU - Tren merekam diri sendiri ketika sedang melahap hamparan makanan enak, berkembang dari Korea Selatan hingga kini populer di seluruh dunia. Di samping menyediakan ulasan menarik seputar makanan-makanan enak yang dilahap, banyak orang ketagihan nonton video mukbang karena tayangan seperti ini ternyata bisa sangat efektif untuk menggugah selera makan. Terutama buat kaum jomblo kesepian yang seringkali harus makan sendiri.
Kbeauty
6 Tren K-Fashion Musim Dingin Yang Bisa Kalian Tiru!
Selasa, 03-Des-2019
KOREA SERU - Mode pakaian Korea selalu selangkah lebih maju dari negara lainnya. Tahukah Anda banyak tren yang kita lihat di toko-toko yang berasal dari Korea? Yap, K-fashion memiliki faktor, dan dunia tahu itu. Ingin tahu apa yang sedang tren sekarang untuk musim dingin? Lihatlah tren-tren ini dan bersiaplah untuk memperbarui pakaian kalian!