Bagaimana Sistem Penulisan Hangul Yang Indah?
Rabu 02-Okt-2019
Bagaimana Sistem Penulisan Hangul Yang Indah!

KOREA SERU - Setiap tanggal 9 Oktober menjadi begitu spesial di hati warga Korea, sebab tanggal tersebut merupakan hari lahir dari Hangeul yang menjadi sistem penulisan alfabet resmi di Korea. Alfabet Korea begitu unik karena merupakan satu-satunya sistem penulisan di dunia yang proses penciptaan maupun pembuatnya telah diketahui secara pasti. Sebelum penemuan Hangeul, karakter Chinese yang disebut “Hanja” digunakan di Korea, namun, Hanja begitu sulit untuk dipelajari, khususnya bagi orang-orang dengan status sosial lebih rendah yang sulit mendapatkan akses pendidikan, hal ini membuat fenomena buta huruf yang tersebar di seluruh negeri. Untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, Raja Sejong (1418-1450) mulai mengembangkan sistem penulisan baru yang mudah diakses dan dipelajari. Penemuan dari sistem penulisan baru ini dimulai pada tahun 1443, selanjutnya, sistem penulisan ini harus menjalani 3 tahun uji coba sebelum akhirnya diresmikan pada tahun 1446. Pada masa itu, Hangeul mulai disebarluaskan dengan penjelasan logika penulisan dibalik setiap bentuk karakternya.

 

Apa arti Hangul sebenarnya?

Nama Hangeul terdiri dari dua suku kata, yaitu han (한) dan geul (글). Han memiliki arti “besar” atau “hebat”, sementara geul berarti menulis skrip, maka dari itu Hangeul memiliki arti “Alfabet yang hebat”. Nama asli dari alfabet Korea adalah “Hunminjeongeum”, jika diterjemahkan menjadi “Panduan menulis alfabet yang tepat bagi orang-orang”.

Pada awal penciptaannya, Hunminjeongeum hadir dengan 28 huruf, namun kemudian 4 huruf dikeluarkan dari sistemnya, 24 sisanya saat ini dikenal dengan sistem penulisan Hangeul. Hunminjeongeum atau Hangeul tidak hanya mudah dipelajari serta nyaman digunakan, namun pembuatan sistem penulisan ini dinilai begitu unik. Sebagai pengakuan atas fakta tersebut, UNESCO menulis Hunminjeongeum Haeryebon (buku panduan) dalam memori daftar dunia pada bulan Oktober 1997.

Hangeul merupakan sebuah sistem penulisan yang mengombinasikan standar dari 14 huruf konsonan dan 10 huruf vokal yang mampu membentuk satu blok suku kata. Setiap huruf vokal terbuat dari sebuah garis atau beberapa garis yang mewakili langit, bumi, dan orang-orang, sementara huruf konsonan mewakili bentuk mulut manusia dalam pengucapan sebuah kata. Terdapat 16 tambahan suara yang dapat dibuat dengan mengombinasikan huruf konsonan dan huruf vokal secara bersamaan.

Source (1)

Kpop
Lee Seo JIn Akan Membintangi 'Three Meals A Day' Di Desa Nelayan!
Sabtu, 30-Mei-2020
KOREA SERU - Aktor Lee Seo Jin, yang bisa dibilang perwakilan "face" dari serial TV 'Three Meals a Day', akan muncul sebagai bintang tamu pada season 5 'Three Meals a Day' yang sedang berlangsung di desa nelayan!
Kdrama
Label Jo Yoon Hee Konfirmasi Bahwa Artisnya Telah Bercerai Dengan Lee Dong Gun
Kamis, 28-Mei-2020
KOREA SERU - Dalam pernyataan resmi menanggapi laporan sebelumnya 'Dispatch' dari Lee Dong Gun dan Jo Yoon Hee pasangan bercerai, label Jo Yoon Hee King Kong oleh Starship membenarkan kabar tersebut benar.
Kfood
Cara Membuat Bibimbap Ala K-drama!
Rabu, 18-Des-2019
KOREA SERU - Katanya, ini nasi campur ala Korea. Makannya juga dicampur semua. Kalau kamu pernah melihat drama Korea Full House, ini makanan yang biasa dimasak oleh Song Hye Kyo.
Ktravel
10 Tempat Wisata Gratis di Korea Selatan!
Selasa, 17-Des-2019
KOREA SERU - Korea Selatan kini menjelma jadi salah satu negara terfavorit wisatawan dunia untuk liburan karena memiliki banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Demam KPop, drama Korea dan budaya Korea juga membuat negara ini menjadi negara yang populer di Asia.
Kculture
Asal Usul Mukbang yang Jadi Tren di Korea Selatan Bahkan di Dunia!
Selasa, 10-Des-2019
KOREA SERU - Tren merekam diri sendiri ketika sedang melahap hamparan makanan enak, berkembang dari Korea Selatan hingga kini populer di seluruh dunia. Di samping menyediakan ulasan menarik seputar makanan-makanan enak yang dilahap, banyak orang ketagihan nonton video mukbang karena tayangan seperti ini ternyata bisa sangat efektif untuk menggugah selera makan. Terutama buat kaum jomblo kesepian yang seringkali harus makan sendiri.
Kbeauty
6 Tren K-Fashion Musim Dingin Yang Bisa Kalian Tiru!
Selasa, 03-Des-2019
KOREA SERU - Mode pakaian Korea selalu selangkah lebih maju dari negara lainnya. Tahukah Anda banyak tren yang kita lihat di toko-toko yang berasal dari Korea? Yap, K-fashion memiliki faktor, dan dunia tahu itu. Ingin tahu apa yang sedang tren sekarang untuk musim dingin? Lihatlah tren-tren ini dan bersiaplah untuk memperbarui pakaian kalian!